Aplikasi dan fitur yang dijelaskan dalam tutorial ini membutuhkan CorelDRAW Graphics Suite X3 atau yang lebih baru harus diinstal.
Menerapkan bevels untuk grafis dengan versi sebelumnya CorelDRAW ® tentu tidak sederhana dan mudah, dan hasilnya bisa dibilang kurang mengesankan. Namun, semua itu telah berubah dengan pengenalan efek bevel baru dalam CorelDRAW. Anda sekarang dapat menambahkan dimensi ketiga (lihat di bawah) dan menyesuaikan bevels Anda dengan kedalaman, warna, dan pilihan pencahayaan. Fitur baru ini merupakan tambahan menyambut efek tersedia di CorelDRAW.
Selain menjadi benar-benar disesuaikan, bevels Anda dapat membuat terkait secara dinamis dengan objek sumber mereka diterapkan, sehingga Anda selalu dapat menyesuaikan dan mengedit kreasi bevel Anda. CorelDRAW juga memungkinkan Anda untuk menentukan CMYK penuh atau warna spot, yang membuat efek ini sangat serbaguna.
Bevels Cepat dan Mudah
Semua kontrol yang Anda butuhkan untuk menerapkan efek bevel ditemukan di galangan Bevel. Anda dapat menerapkan bevels Anda untuk hampir semua bentuk vektor tertutup, asalkan Anda belum menerapkan efek kompleks lain untuk itu. Bentuk vektor tertutup termasuk teks artistik, bentuk asli (seperti persegi panjang, elips, dan poligon), dan setiap bentuk lain yang dapat Anda bayangkan.
Pilihan pada pekerja galangan Bevel akan disusun dalam Style, Bevel Offset, Shadow Color, dan kontrol Cahaya, dengan kelompok terakhir kontrol menyediakan fleksibilitas yang paling (lihat di bawah). Setelah pilihan anda sudah siap, Anda dapat menerapkan atau memperbarui bevels dengan mengklik tombol Apply.
Ketika Anda menerapkan efek bevel, objek asli Anda menjadi objek kontrol. Setiap perubahan yang Anda buat ke objek kontrol secara otomatis diperbarui pada efek bevel Anda telah diterapkan. Jika Anda berpengalaman dalam menerapkan efek lain dalam CorelDRAW, bekerja dengan efek bevel akan kodrat kedua.
Jika Anda baru untuk CorelDRAW dan Anda belum pernah bereksperimen dengan efek bevel, prosedur berikut akan membantu Anda memulai. Prosedur pertama membantu Anda membuat efek bevel dengan gaya lembut Ujung. Prosedur kedua membantu Anda membuat efek bevel dengan gaya Emboss.
- Jika Anda belum melakukan ini sudah, pilih - atau membuat dan pilih - bentuk vektor tertutup untuk yang Anda ingin menerapkan bevels Lembut Ujung. Lalu, oleskan warna seragam mengisi dengan mengklik kanan pada warna baik dalam palet warna pada layar.
- Buka bevels buruh pelabuhan dengan memilih Window> Dockers> Bevel. Secara default, pekerja galangan Bevel membuka di bagian kanan jendela aplikasi Anda.
- Untuk menerapkan lembut, pahat bevel berkontur ke objek Anda, pilih Lembut Ujung sebagai pilihan Gaya dan Untuk Pusat sebagai Bevel Offset pilihan (lihat di bawah).
- Menggunakan pemetik warna buruh pelabuhan (lihat di bawah), mengatur bayangan control Warna Black dan kontrol Warna Terang ke White (juga default).Jika Anda ingin, sesuaikan slider untuk kontrol pencahayaan lain yang tersedia.
- Klik tombol Apply. Para bevels segera diterapkan pada objek yang dipilih, sesuai dengan pilihan yang Anda tentukan.
Sementara efek bevel Ujung lunak dapat diterapkan dengan cepat untuk hampir semua bentuk yang ada dan terlihat bagus di hampir setiap pengaturan bentuk, hal yang sama tidak berlaku untuk bevels gaya Emboss. Sebuah sukses Emboss bevel memerlukan sedikit lebih banyak waktu untuk menyiapkan. Ikuti langkah-langkah, dan Anda akan melihat apa yang saya maksud.
- Untuk menerapkan bevel Emboss, Anda perlu menciptakan dua objek - satu bentuk untuk menerapkan bevels untuk, dan, bentuk lain yang lebih besar untuk melayani sebagai latar belakang. Kedua objek harus diisi dengan warna seragam yang sama. Mulailah dengan menciptakan dua objek dengan objek yang akan miring diatur di depan besar, objek latar belakang (lihat di bawah). Hapus semua sifat pena garis diterapkan pada objek.
- Pilih objek di depan, membuka buruh pelabuhan bevels (pilih Window> Dockers> Bevel), dan memilih Emboss dari pemilih Style.
- Bila Anda memilih Emboss, hanya tersedia opsi Bevel Offset adalah Jarak. Tentukan nilai dalam kotak daftar Jarak untuk mengatur lebar efek Anda (lihat di bawah).
- Mengatur Bayangan kontrol Color Black, dan kontrol Warna Cahaya ke White. Jika Anda ingin, menggunakan Kontrol Pencahayaan slider untuk mengatur pencahayaan properti efek Emboss Anda.
- Klik tombol Apply untuk membuat efek. Perhatikan bahwa dua objek secara otomatis dibuat dan berlapis di bawah obyek yang dipilih Anda. Salah satu objek mewakili warna bayangan, dan obyek lainnya merupakan warna sumber cahaya. Efek keseluruhan adalah permukaan dibangkitkan (lihat di bawah).
Salah satu aplikasi yang kuat dari efek Bevel baru dalam CorelDRAW adalah bahwa Anda dapat menyesuaikan dan mengedit efek bevel Anda diterapkan setiap saat tanpa harus memulai dari awal. Cukup pilih objek untuk menampilkan pengaturan bevel saat ini di buruh pelabuhan, ubah pilihan bevel, dan klik tombol Apply.
Pilihan Bevel
Dengan menerapkan bevels, Anda dapat untuk menambah kedalaman benda datar. Pilihan yang tersedia menyediakan Anda dengan toolset dasar dengan mana Anda dapat menyesuaikan efek bevel Anda terapkan. Mari kita mengambil tur melalui pilihan dan melihat seberapa fleksibel mereka.
Beveling dengan Gaya
Untuk memulai eksplorasi kami, kami akan mulai di bagian atas menu pemilih Style. Anda dapat memilih gaya Ujung lembut khas, yang paling sering dikaitkan dengan efek bevel, atau Anda dapat memilih gaya Emboss. Kedua gaya memungkinkan Anda untuk menghasilkan efek yang unik (lihat di bawah). Soft gaya bevel Ujung menawarkan banyak fleksibilitas, dan menghasilkan suatu bevel elegan, berbasis bitmap sesuai dengan pilihan yang Anda pilih. Dengan Lembut Ujung dipilih, Anda dapat memilih Untuk Pusat mengimbangi opsi atau pilihan Jarak offset.
Dengan Emboss dipilih, pilihan Anda offset Jarak. Menerapkan bevel Emboss gaya menghasilkan dua salinan vektor objek asli Anda di Jarak nilai offset masuk. Salinan ini disusun dalam belakang asli Anda dan berwarna sehingga mereka meniru efek dari permukaan dibangkitkan (lihat di bawah).
Anda dapat menghasilkan efek yang berbeda dengan bevels Lembut Edge, tergantung pada apakah Anda memilih Untuk Pusat offset atau Jarak Jauh offset. Untuk mengimbangi Pusat berlaku bevels berkontur yang bergabung dengan tepi luar objek ke pusat, menciptakan punggung bukit atau efek puncak sepanjang pusat bentuk. Dengan Jarak diimbangi pilihan, Anda dapat menentukan nilai offset, yang memungkinkan Anda untuk mengontrol kedalaman bevel. The unbeveled bagian permukaan obyek Anda adalah rata kiri (lihat di bawah).
Mengatur Light and Shadow Warna
Warna seragam mengisi yang Anda terapkan pada obyek kontrol Anda mempengaruhi keseluruhan warna dan, pada kenyataannya, berfungsi sebagai dasar untuk penerangan dan warna bayangan. Ingatlah hal ini saat kita melihat dua, variabel saling berikutnya bevel Anda bahwa Anda dapat mengontrol: warna bayangan dan warna cahaya.
Bayangan otomatis muncul di sisi simulasi yang menjauh dari sumber cahaya imajiner bevel itu. Intensitas bayangan didasarkan pada sudut nya dari sumber cahaya, namun warna didasarkan pada apa yang Anda pilih dalam pemilih Warna Shadow. Meskipun Anda dapat memilih warna tertentu di pemilih, nilai yang sebenarnya dari bayangan Anda dan warna sumber cahaya yang dipengaruhi oleh warna asli dari objek dan pilihan pencahayaan yang Anda pilih.
Efek dari bayangan dan cahaya warna yang Anda terapkan tergantung pada gaya bevel yang Anda pilih. Dengan Edge bevel lembut, warna bayangan mulus diaplikasikan di atas bentuk berkontur dari sisi lereng yang dihadapi jauh dari sumber cahaya, dan warna pencahayaan lancar diterapkan pada sisi yang menghadapi ke arah itu dan setiap permukaan depan datar. Dalam contoh di bawah, Edge bevel Lembut pada warna default telah diterapkan untuk bentuk berwarna ungu sederhana.
Untuk bevels diembos, dua objek seragam berwarna secara otomatis dibuat untuk mewakili bayangan dan cahaya warna efek.Seperti bevels Lembut Edge, warna bayangan dan cahaya yang dipengaruhi oleh warna objek asli dengan yang mereka terkait (lihat di bawah).
Ketika memilih bayangan awal Anda dan warna-warna terang, Anda mungkin akan menemukan bahwa tetap sederhana adalah strategi terbaik. Kecuali Anda mencoba untuk membuat variasi warna tertentu atau efek, mungkin lebih baik untuk meninggalkan Warna Shadow dan opsi Warna Cahaya untuk mereka standar hitam dan putih, masing-masing, setidaknya sampai Anda punya kesempatan untuk menyempurnakan yang lain pilihan pencahayaan.
Menggunakan Pilihan Pencahayaan
Ketiga opsi berikutnya juga saling terkait dan signifikan mempengaruhi tampilan keseluruhan warna bevel. Intensitas, Arah, dan Ketinggian slider memungkinkan Anda untuk cepat menyesuaikan sifat pencahayaan tertentu (lihat di bawah).
Intensitas slider mencerahkan atau menggelapkan sumber cahaya, dan memiliki rentang disesuaikan dari 0 sampai 100 persen.Mengatur intensitas cahaya bevels lembut Ujung mengubah warna bevel dari sisi yang menghadapi ke arah sumber cahaya imajiner, dan setiap permukaan datar yang terpengaruh. Pada Emboss bevels, hanya warna mengisi dari objek yang mewakili warna sumber cahaya dipengaruhi (lihat di bawah).
Anda dapat mengontrol mana sumber cahaya imajiner Anda diposisikan di sekitar objek Anda dengan menggunakan slider Arah, yang menentukan derajat. Slider ini memungkinkan Anda mengontrol mana sisi gelap dan terang dari efek bevel muncul. Trik untuk pengaturan slider arah berhasil adalah mengetahui mana orientasi derajat untuk masuk. Sebagai aturan umum, pengaturan 0 derajat tempat sumber cahaya pada posisi jam 3 (lihat di bawah).
Memindahkan slider Arah ke kenaikan atau kanan atau kiri menurunkan nilai derajat, dan berputar posisi sumber cahaya di sekitar objek atau berlawanan arah jarum jam, masing-masing - yang hanya kebalikan dari apa yang Anda harapkan. Ilustrasi di bawah ini menunjukkan dampak penerapan empat arah dasar sumber cahaya.
Ketinggian slider yang tersedia hanya untuk bevels Lembut Edge, dan memungkinkan Anda mengatur jarak dari sumber cahaya imajiner dari objek dengan kisaran nilai 0 sampai 90. Kontrol ini menentukan kontras antara warna bayangan dan warna cahaya.Sebuah nilai yang rendah meningkatkan perbedaan antara dua warna dan menciptakan efek kontras. Sebuah nilai yang tinggi menurunkan perbedaan antara dua warna dan menciptakan efek pencahayaan lebih tersebar (lihat di bawah).
Bevel Tips dan Trik
Setelah Anda menjadi nyaman menerapkan bevels dan mengendalikan pilihan yang tersedia, Anda dapat mencoba beberapa nifty tricks untuk mencapai efek tertentu. Berikut adalah beberapa untuk Anda mulai.
Jika Anda mengalami kesulitan menerapkan efek bevel ke objek Anda, pastikan bahwa objek adalah objek vektor tertutup-jalan dengan warna mengisi diterapkan. Efek bevel membutuhkan warna mengisi sebelum Anda dapat menerapkan bevel. Kedua gaya bevel yang kompatibel hanya dengan warna seragam mengisi, meskipun Emboss bevels dapat diterapkan dengan mengisi jenis lainnya. Setiap sifat pena garis diterapkan untuk objek bertahan hidup, tetapi mereka tidak termasuk dalam efek.
Bevels Anda terkait secara dinamis, sehingga Anda dapat menggunakan Bevel Istirahat Selain perintah untuk membongkar mereka dari objek asli dan memeriksa mereka (lihat di bawah). Untuk memisahkan benda, pilih Atur> Bevel Selain Istirahat (atau mengakses perintah dengan mengklik kanan efek atau menekan Ctrl + K). Mengambil Edge bevel Lembut terpisah menghasilkan bitmap CMYK dengan masker lembut diterapkan, sedangkan pembongkaran sebuah bevel Emboss menghasilkan dua salinan vektor objek asli Anda.
Untuk menghapus efek bevel Ujung Soft dari objek yang dipilih, Anda dapat memilih Efek> Efek Hapus. Untuk menghapus bevel timbul, klik hanya bagian bevel efek, dan memilih perintah yang sama.
Ketika menerapkan bevels, Anda dapat menciptakan efek kedua permukaan diangkat dan diturunkan dengan menggunakan salah satu dari dua metode. Metode pertama berlaku untuk bevels Emboss dan melibatkan swapping bayangan dan warna terang dengan menggunakan selektor yang tersedia (lihat di bawah). Metode kedua berlaku baik untuk Emboss dan bevels lembut Ujung dan melibatkan membalikkan arah sumber cahaya.
Anda dapat menggabungkan efek bevel dengan efek lain dalam CorelDRAW, asalkan mereka kompatibel. Satu kombinasi logis adalah menerapkan bayangan untuk bevels Lembut Ujung. Untuk menerapkan drop shadow untuk efek bevel Anda, klik Pick tool untuk mengaktifkannya, dan tahan tombol Ctrl sambil mengklik bitmap bevel. Kemudian, memilih alat Interaktif Drop Shadow, dan tarik jauh dari sumber cahaya imajiner. Bayangan itu diterapkan pada bagian bitmap efek Anda, dan tetap berhubungan dengan efek (lihat di bawah).
Efek bevel baru adalah tambahan menyambut arsenal efek kreatif dalam CorelDRAW. Efeknya dapat diterapkan dengan cepat, tidak memerlukan kurva belajar yang curam, dan relatif tidak rumit untuk digunakan. Mampu mengontrol kedalaman, warna, dan pencahayaan dari bevels Anda memungkinkan Anda untuk menghasilkan hasil yang benar-benar disesuaikan.