--> Skip to main content

Alternator Synchronous Generator | Definisi dan Jenis Alternator

 

Definisi Alternator

Definisi alternator tersembunyi dalam nama mesin ini sendiri. Alternator adalah mesin seperti yang menghasilkan pergantian listrik. Ini adalah jenis generator yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik bolak. Hal ini juga dikenal sebagai generator sinkron.

Sejarah Alternator

Michael Faraday dan Hippolyte Pixii memberi konsep pertama dari alternator. Michael Faraday dirancang giliran persegi panjang berputar konduktor di dalam medan magnet untuk menghasilkan bolak saat di sirkuit statis eksternal. Setelah itu pada tahun 1886 JEH Gordon, dirancang dan diproduksi prototipe pertama dari model yang berguna. Setelah itu Lord Kelvin dan Sebastian Ferranti merancang model 100 sampai 300 Hz generator sinkron. Nikola Tesla pada tahun 1891, dirancang komersial berguna pembangkit 15 KHz. Setelah tahun ini, fase poli alternator yang datang ke dalam gambar yang dapat memberikan arus dari beberapa fase.

Penggunaan Alternator

Kekuatan untuk sistem listrik kendaraan modern menghasilkan dari alternator. Pada hari-hari sebelumnya, generator DC atau dinamo yang digunakan untuk tujuan ini tetapi setelah perkembangan alternator, dinamo dc yang digantikan oleh yang lebih kuat dan ringan alternator berat. Meskipun sistem kelistrikan kendaraan bermotor umum mengharuskan langsung saat tapi masih alternator bersama dengan dioda penyearah bukannya Generator DC adalah pilihan yang lebih baik sebagai pergantian rumit adalah tidak ada di sini. Jenis khusus ini generator yang digunakan dalam kendaraan dikenal sebagai alternator otomotif.
Penggunaan lain dari alternator adalah lokomotif listrik diesel. Sebenarnya mesin lokomotif ini tidak lain hanyalah sebuah alternator didorong oleh mesin diesel. The bolak saat dihasilkan oleh generator ini diubah menjadi DC oleh terpadu silikon dioda penyearah untuk memberi makan semua motor traksi dc. Dan ini motor dc traksi mendorong roda lokomotif.

Mesin ini juga digunakan di laut mirip dengan lokomotif listrik diesel. Generator sinkron digunakan di laut dirancang khusus dengan adaptasi sesuai dengan lingkungan air asin. Tingkat output khas laut alternator adalah sekitar 12 atau 24 volt. Di laut besar, lebih dari satu unit yang digunakan untuk menyediakan listrik yang besar. Dalam sistem kelautan ini listrik yang dihasilkan oleh alternator pertama diperbaiki kemudian digunakan untuk pengisian mesin starter baterai dan pasokan tambahan baterai dari laut.

Jenis Alternator

Alternator atau generator sinkron dapat diklasifikasikan dalam cara Mei tergantung pada aplikasi dan desain mereka. Menurut aplikasi mesin ini diklasifikasikan sebagai-
  1. Otomotif Jenis - digunakan dalam mobil modern.
  2. Diesel jenis lokomotif listrik - yang digunakan di beberapa satuan listrik diesel.
  3. Laut jenis - yang digunakan di laut.
  4. Sikat Jenis - digunakan dalam tenaga listrik pembangkit sebagai sumber utama kekuasaan.
  5. Alternator Radio - digunakan untuk merek rendah transmisi frekuensi radio.

Generator ac ini dapat dibagi dalam banyak cara tetapi kita akan membahas sekarang dua jenis utama dari alternator dikategorikan sesuai dengan desain mereka. Ini adalah-
  1. Jenis tiang yang menonjol Hal ini digunakan sebagai alternator kecepatan rendah dan menengah. Ia memiliki sejumlah besar memproyeksikan kutub memiliki core mereka melesat atau dovetailed ke roda magnetik berat dari besi cor atau baja berkualitas magnetik yang baik. Generator tersebut ditandai dengan diameter besar dan panjang aksial singkat. Generator ini terlihat seperti roda yang besar. Ini terutama digunakan untuk turbin kecepatan rendah seperti di pembangkit listrik hydral.
  2. Halus jenis silinder Hal ini digunakan untuk turbin uap didorong alternator. Rotor generator ini berputar dalam kecepatan yang sangat tinggi. Rotor terdiri dari padat ditempa silinder baja halus memiliki jumlah slot giling keluar pada interval sepanjang pinggiran luar akomodasi dari kumparan medan. Rotor ini dirancang sebagian besar untuk 2 tiang atau 4 tiang pembangkit turbo berjalan pada 36.000 rpm atau 1800 rpm masing-masing.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar