Aplikasi dan fitur yang dijelaskan dalam tutorial ini membutuhkan CorelDRAW Graphics Suite X3 atau yang lebih baru harus diinstal.
Tiga perintah membentuk baru tersedia sejak CorelDRAW X3 memungkinkan Anda untuk menerapkan efek sudut jalan vektor, menghilangkan apa yang sebaliknya akan menjadi operasi manual memakan waktu. Anda sekarang dapat langsung menerapkan fillet, kerang, dan talang membentuk perintah untuk membuat efek melengkung, reverse-melengkung, atau miring pada jarak tertentu di seluruh jalan atau di tingkat simpul. Cara pintas menghemat waktu akan memungkinkan Anda untuk membuat berbagai efek kompleks untuk sudut objek, seperti yang ditunjukkan di bawah.
Dalam ilusi optik dari jalur terjalin dan tumpang tindih, serangkaian bentuk persegi panjang yang digunakan sebagai kerangka untuk objek tertutup garis berkesinambungan. Garis itu menebal dan dikonversi ke suatu objek. Kemudian, fillet dan kerang perintah yang diterapkan untuk sudut tertentu (ditampilkan di bawah). Ilusi tumpang tindih dibuat menggunakan persegi putih hati-hati ditempatkan. Mari kita lihat beberapa contoh yang lebih praktis sedikit dan mengeksplorasi bagaimana efek yang berbeda dapat diterapkan dalam tugas-tugas umum lainnya.
Fillet untuk efek sudut melengkung
The filleted efek sudut berlaku kebulatan seragam dan konsentris di sekitar titik pada radius tertentu, memungkinkan Anda untuk mengkonversi sudut tajam ke sudut bulat. Sudut filleted adalah efek desain umum.Dalam contoh yang ditunjukkan di bawah ini, ilusi optik dibuat dengan pembulatan satu atau beberapa sudut dari serangkaian hati-hati ditempatkan persegi panjang. Untuk menciptakan ilusi kawat bengkok atau tubing, sudut spesifik filleted dengan nilai-nilai baik sama dengan, atau setengah dari, lebar persegi panjang. Sebuah garis putih kemudian diterapkan untuk visual memisahkan bentuk coklat penuh.
Dalam contoh yang ditunjukkan di bawah ini, bentuk garis besar kaktus diciptakan dari gabungan garis persegi panjang. Persegi panjang dilas yang rusak terpisah di dasar dan garis tebal mudah diaplikasikan. Sudut luar cabang kaktus dibulatkan dengan menggunakan fillet perintah, yang menciptakan efek lebih cepat dan lebih akurat daripada sekedar menggabungkan persegi panjang dengan sudut membulat.
Scallop untuk sudut membulat terbalik
The bergigi efek sudut langsung berlaku konsentris sudut terbalik-bulat untuk benda-benda yang menghasilkan efek kerang-seperti, yang pada dasarnya kebalikan dari efek filleted. Seperti perintah fillet, perintah kerang dapat diterapkan pada nilai radius tertentu. Meskipun tidak umum digunakan sebagai sudut dibulatkan, efek kerang adalah sama seperti berguna dalam menghilangkan waktu yang dibutuhkan untuk secara manual membuat efek yang sama. Dalam contoh yang ditunjukkan di bawah ini, benda-benda tertentu dalam pengaturan ini diberi efek sudut bergigi bersama dengan bergantian mengisi bitmap untuk menciptakan pola ubin kayu.Pemeriksaan lebih dekat (ditampilkan di bawah) menunjukkan efek membentuk di sudut ubin.
Dalam contoh lain dari sudut bergigi, foto ini kusut menggunakan efek sudut bergigi untuk membingkai subjek foto. Untuk membuat bentuk potongan, yang diputar persegi di tengah dikombinasikan dengan persegi panjang yang lebih besar. Drop shadow diterapkan duplikat objek mensimulasikan kedalaman antara matte dan permukaan foto, sementara salinan asli bergigi sudut persegi diperbesar dan diuraikan untuk menekankan bentuk potongan.
Talang untuk sudut datar
The chamfered efek sudut menerapkan bevel sederhana konsentris di sekitar titik di kejauhan, memungkinkan Anda untuk mengkonversi sudut tajam ke sudut rata. Sudut chamfered mungkin yang paling serbaguna dalam menggambar, memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengkonversi sudut tajam untuk sudut yang tepat dan seragam siku dengan satu klik.Dalam contoh yang ditunjukkan di bawah, gigi gigi mekanik diciptakan dari bentuk bintang sederhana. Menggunakan alat Polygon, persegi 2-inci, 20-titik bintang outline dengan ketajaman 53 diciptakan dan dikonversi ke kurva. Sebuah talang membentuk set perintah untuk jarak 0,2 inci diaplikasikan langsung bevel segala penjuru pada objek. Dengan memvariasikan ukuran objek, poin, ketajaman, dan jarak talang, Anda dapat menggunakan teknik yang sama untuk dengan cepat membuat bentuk apapun gigi.
Bagaimana efek sudut bekerja
Seperti disebutkan sebelumnya, fillet, kerang, dan talang efek memungkinkan Anda untuk menerapkan bulat, reverse-bulat, atau flat efek (masing-masing) ke sudut siku pada jalur terbuka atau tertutup. Anda dapat menerapkan efek pada jarak tertentu (ditampilkan di bawah).Efek akan diterapkan dengan menggunakan antarmuka akrab buruh pelabuhan (ditampilkan di bawah), seperti trim, las, dan berpotongan membentuk perintah. Untuk membuka buruh pelabuhan, pilih Windows> Dockers> Fillet / Scallop / Chamfer. Ini buruh pelabuhan sederhana mencakup daftar Operasi sebuah kotak untuk memilih gaya efek, lapangan untuk menentukan Jarak atau radius, dan tombol Apply
.Jika Anda baru untuk menerapkan efek buruh pelabuhan, Anda bisa mendapatkan kaki Anda basah dengan efek sudut dengan mengikuti langkah-langkah sederhana:
- Gunakan Pick tool untuk memilih objek. Pilih objek sederhana terdiri dari segmen garis lurus, seperti persegi panjang dikonversi ke kurva atau segmen garis lurus yang terdiri dari jalan terbuka atau tertutup dibuat dengan alat Bezier.
- Jika belum terbuka, pilih Window> Dockers> Fillet / Scallop / Chamfer untuk mengakses efek sudut.
- Pilih gaya dari kotak daftar Operasi, ketik radius atau jarak nilai (ditampilkan di bawah), dan klik tombol Apply.
- Itu saja, Anda sudah selesai. Perhatikan efek sudut yang Anda pilih diterapkan ke semua titik di mana node sudut bergabung garis lurus ada pada objek Anda (ditampilkan di bawah).
Menggunakan langkah-langkah di atas berlaku efek yang Anda pilih di seluruh bentuk. Ada, bagaimanapun, suatu metode kedua yang dapat Anda gunakan untuk menerapkan efek yang lebih lokal untuk titik-titik tertentu pada bentuk Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk selektif menerapkan efek sudut tanpa mempengaruhi seluruh pelosok sekaligus. Berikut adalah cara untuk melakukannya:
- Gunakan alat Shape untuk membuat objek sederhana terdiri dari segmen garis lurus dibentuk menjadi jalan terbuka atau tertutup.
- Klik untuk memilih salah satu simpul jalan atau Shift-klik untuk memilih beberapa node pada objek untuk membuat pilihan node (ditampilkan di bawah).
- Pada Fillet / Scallop / Chamfer buruh pelabuhan, memilih gaya dari kotak daftar Operasi, ketik radius atau jarak nilai, dan klik tombol Apply (ditampilkan di bawah).
- Efek Anda diterapkan (ditampilkan di bawah). Perhatikan bahwa kali ini efeknya hanya diterapkan ke sudut node (s) yang Anda pilih.
Ada beberapa pertimbangan yang akan Anda ingin diingat saat Anda menerapkan efek sudut Anda. Ini termasuk hal-hal seperti obyek kesesuaian biasa, keterbatasan praktis, dan kotak dialog peringatan yang mungkin Anda alami saat Anda menjadi lebih akrab dengan Fillet / Scallop / perintah Chamfer. Berikut adalah beberapa panduan Anda mungkin ingin mengikuti sebelum menerapkan efek sudut Anda:
- Hal ukuran (benar-benar) - Jika nilai jarak atau radius Anda mencoba untuk diterapkan ke objek Anda lebih besar dari sudut objek (s) dapat menampung, efeknya tidak akan diterapkan. Sebaliknya, CorelDRAW akan menampilkan kotak dialog peringatan (ditampilkan di bawah) memungkinkan Anda untuk melanjutkan dengan efek sudut yang kompatibel saja, atau menolak perintah.
- Gunakan hanya segmen lurus - efek Pojok hanya dapat diterapkan pada sudut bergabung dengan segmen garis lurus. Ini berarti bahwa jika Anda mencoba untuk menerapkan efek sudut obyek berbentuk elips atau bentuk yang melibatkan segmen melengkung, sudut-sudut yang melibatkan segmen kurva tidak akan terlibat dalam efek.
- Jalur kurva only please - Meskipun terminologi mungkin membingungkan untuk pendatang baru vektor-gambar, jalur kurva hanyalah serangkaian node bergabung dengan segmen garis yang tidak memiliki efek dinamis diterapkan. Efek sudut hanya dapat diterapkan untuk terdistorsi terbuka atau tertutup jalur kurva vektor, yang berarti bahwa objek dengan distorsi diterapkan dengan Distorsi Interaktif atau alat Envelope Interaktif dan objek dinamis dibuat dengan Rectangle, Bintang, Bentuk Sempurna, Media Artistik, atau alat teks adalah tidak memenuhi syarat kecuali pertama dikonversi ke kurva. Jika Anda mencoba untuk menerapkan efek sudut obyek diciptakan dengan salah satu alat ini, CorelDRAW akan menampilkan pengingat ramah (ditampilkan di bawah) memungkinkan Anda untuk secara otomatis mengkonversi objek atau menolak perintah. Anda dapat dengan mudah mengkonversi objek apapun dengan kurva dengan mengklik kanan objek dan memilih Convert to Curves dari menu pop-up, dengan memilih Arrange> Convert to Curves, atau dengan menggunakan Ctrl + Q pintas.
- Objek kontrol yang kompatibel - Anda dapat menerapkan efek sudut obyek bertindak sebagai objek kontrol yang memiliki efek yang diterapkan dengan alat efek dinamis yang ada ¾ seperti Blend Interaktif, Contour Interaktif, Interaktif Drop Shadow, dan Extrude Interaktif alat. Asalkan, tentu saja, bahwa objek objek kurva (atau mudah dapat dikonversi ke kurva).
- Efek sudut tidak dinamis - efek Pojok diterapkan dengan Fillet / Scallop / Chamfer buruh pelabuhan tidak dinamis, yang berarti Anda tidak dapat mengedit properti dari bentuk sudut setelah telah diterapkan.
- Nilai buruh pelabuhan Sticky - CorelDRAW menyimpan jarak yang terakhir digunakan atau nilai radius untuk setiap efek sudut di buruh pelabuhan sebagai default. Ini berarti saat Anda beralih di antara gaya efek sudut, nilai-nilai dapat berubah.Mungkin ada baiknya untuk mengecek ulang nilai-nilai Anda sebelum mengklik tombol Apply.
Seperti efek berharga lainnya di CorelDRAW, fillet baru, kerang, dan talang membentuk perintah membantu Anda untuk memecahkan tantangan gambar umum tanpa mengorbankan akurasi. Sekarang Anda telah dieksplorasi kemungkinan, saya yakin Anda akan setuju bahwa bekerja sendiri ke sudut tidak mendapatkan jauh lebih baik daripada ini.