--> Skip to main content

Bekerja dengan alat Isi Mesh |CorelDRAW ®

oleh Ariel Garaza Diaz
The Mesh alat Isi adalah salah satu fitur yang paling kuat di CorelDRAW ®. Ini memungkinkan Anda merancang benda diisi multi-warna dengan transisi cairan dan efek unik. Anda dapat mengatur simpul transparansi tunggal untuk menciptakan halus, transisi warna yang kaya untuk setiap objek diisi mesh.
Tidak seperti mengisi tradisional, mesh mengisi dapat dicetak, seperti tanah liat. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat objek dengan bentuk khusus, mirip dengan bagaimana seorang pemahat memberi bentuk pada karyanya. Anda dapat beradaptasi dan membentuk isi yang sesuai dengan objek yang sedang menciptakan, dan untuk mencapai penampilan berwarna realistis. Dan terbaik dari semua, mesh mengisi adalah obyek vektor yang berarti bahwa Anda dapat memperbesar atau memperkecil setiap saat tanpa substansial meningkatkan ukuran file.
Mari kita mulai dengan membuat sebuah persegi panjang sederhana dan kemudian mengklik alat Isi Mesh. Anda juga dapat menekan M pada keyboard Anda untuk mengakses perangkat dengan cepat. Dengan CorelDRAW X5, persegi panjang Anda akan memiliki satu titik pusat, yang menciptakan grid dengan 2 baris dan 2 kolom. Anda dapat menambahkan tambahan, baris atau kolom berjarak sama dengan menggunakan kotak ukuran Grid pada property bar. Anda dapat menambahkan satu baris atau kolom tanpa mempengaruhi baris dan kolom lainnya dengan mengklik dua garis putus-putus pada titik yang diinginkan.

Menambahkan warna

Sekarang, kita dapat menambahkan warna dengan memilih node atau beberapa node. Anda dapat memilih node secara individual dengan menggunakan alat Isi Mesh (M) atau Shape tool (F10). Untuk memilih beberapa node, tekan dan tahan Shift saat mengklik setiap node. Jika Anda ingin memilih koleksi yang tidak teratur node, pilih Freehand dari Seleksi mode daftar box pada property bar. Hal ini memungkinkan Anda menggambar area seleksi tidak teratur.
Pada titik ini, kita harus mengisi gradien kustom, yang dapat kita capai dengan menggunakan alat-alat lain atau efek, seperti Blend atau alat Contour. Jadi apa yang begitu ajaib tentang mengisi jala? Kita dapat merusak grid mesh dan menambahkan warna terbatas. Sebagai contoh, kita dapat memilih beberapa node dan memindahkan mereka bersama-sama dalam arah yang sama.
Salah satu fitur yang paling fantastis dari alat Isi Mesh adalah kemampuan untuk menambahkan warna baru untuk setiap node.Anda cukup pilih node yang diinginkan (s), dan pilih warna dari salah satu palet warna. Dengan mengisi mesh, bagian yang terbaik adalah bahwa kita tidak perlu menggambar kompleks untuk menghasilkan hasil yang baik. Seringkali, lebih sederhana objek, baik mesh yang dihasilkan mengisi.

Mengisi jala lembut

Dalam versi sebelum CorelDRAW X5, mesh mengisi menghasilkan tepi keras secara default, namun, sekarang ada mesh pilihanwarna halus pada property bar. Ini memungkinkan Anda memilih apakah Anda ingin tepi yang lembut atau keras.
Saat mengedit obyek dengan mengisi mesh, sebagian besar pilihan property bar yang mirip seperti bentuk apapun. Anda dapat memilih segmen dan mengkonversi ke garis lurus atau kurva. Ada juga pilihan untuk mengkonversi node bonggol, halus, atau simetris. Dan Anda dapat menentukan kelancaran kurva untuk setiap bagian dari suatu objek. Anda juga dapat menambahkan transparansi pada satu atau lebih node, yang menawarkan cara yang kuat dan menarik untuk menciptakan efek yang unik.

Mesh mengisi transparansi

Jadi, bagaimana cara menambahkan transparansi mengisi jala? Mudah, cukup pilih node (s) dan kemudian menyesuaikan sliderTransparansi pada property bar. Anda dapat memilih berbagai tingkat transparansi untuk setiap node dalam sebuah objek diisi mesh. Anda juga dapat mengembalikan transparansi simpul setiap saat, dengan memilih node (s) dan menggeser slider ke nol.Contoh di bawah menunjukkan diisi objek mesh pada latar belakang hitam tanpa transparansi (kiri) dan dengan transparansi (kanan).
Dengan transparansi, Anda langsung dapat membuat tepi yang lembut pada objek. Karena gambar vektor selalu diasah, Anda mungkin kadang-kadang ingin menciptakan penampilan yang lebih realistis dengan menambahkan transparansi pada tepi objek atau daerah yang dipilih dari objek.

Membentuk mesh mengisi

Anda memiliki dua pilihan untuk membentuk objek diisi mesh. Pertama, seperti yang saya lakukan dengan daun sebelumnya, Anda dapat membuat objek, membentuknya, dan kemudian menerapkan mengisi mesh. Pilihan kedua adalah untuk menerapkan mengisi mesh untuk objek dasar, seperti persegi panjang, dan kemudian membentuk persegi panjang dengan memindahkan node mesh. Sebagai contoh, saya dapat membuat segelas bir dengan terlebih dahulu menciptakan sebuah persegi panjang, menerapkan mengisi mesh, menambahkan warna, menyesuaikan node, dan membentuk tepi. Saya akan menggunakan elips untuk memberikan perspektif pembukaan kaca, dan mesh lain mengisi untuk menciptakan latar belakang.
Seperti yang Anda lihat, hal yang paling penting adalah untuk bekerja dengan benda-benda sederhana, atau dasar, untuk menerapkan mesh mengisi. Objek yang kompleks akan sangat sulit untuk menangani (lihat Gambar 10; kiri), sedangkan bentuk yang sederhana memungkinkan Anda membuat gambar besar dengan dampak visual yang tinggi (lihat Gambar 10, kanan).

Mesh fill dan PowerClip

Kadang-kadang, mengisi jala tidak cocok untuk benda-benda tertentu, misalnya, benda gabungan yang dibentuk dengan menggabungkan dua objek menjadi kurva tunggal dengan subpath, seperti teks. Juga, jika objek jika terlalu rumit, mengisi jala akan sangat kompleks.
Dalam hal ini, solusi terbaik adalah dengan menggunakan mesh sederhana mengisi dan tempatkan dalam sebuah PowerClip(Efek> PowerClip> Tempat Di dalam Bingkai) pada teks atau objek. Anda dapat mengedit PowerClip (Ctrl + Klik) jika Anda ingin membentuk mesh mengisi untuk lebih beradaptasi dengan objek.

Menerapkan warna mengisi jala

Ketika Anda bekerja dengan alat Isi Mesh, property bar menyediakan Mesh mengisi palet warna khusus. Hal ini membuat mudah dan cepat untuk menambahkan warna. Ada juga mesh Contoh mengisi pipet warna pada property bar, yang memungkinkan Anda memilih warna apapun dari jala ada isi dan menambahkannya ke palet Dokumen.
Fitur lain yang berguna dari palet warna adalah kemampuan untuk mencampur dua warna dengan menggunakan tombol Ctrl.Misalnya, jika Anda memiliki warna biru, dan Ctrl + Klik pada swatch putih palet warna, biru akan menjadi lebih terang. Jika Anda ingin menggelapkan nada, yang terbaik untuk bergaul dengan Komposit Hitam (C: 100, M: 100, Y: 100, K: 100), yang merupakan yang terakhir di swatch default palet warna CMYK.

Mencoba latihan sederhana dengan jaring mengisi

Sekarang, mari kita membuat gambar baru. Saya suka menggambar bunga, daun, dan hewan sejak mengisi mesh lebih realistis daripada efek lainnya. Perlu diingat, Anda tidak perlu Da Vinci untuk menggunakan CorelDRAW untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik daripada logo bitmap atau clipart. Untuk latihan ini, kita akan mulai dengan bentuk dasar untuk membantu Anda menemukan keajaiban dan kekuatan CorelDRAW.
Jadi, cara menggambar daun? Dari toolbox, klik tool Freehand (F5) dan mulai dengan garis lurus untuk gambar sederhana.Dengan alat Shape, tarik atas bentuk untuk memilih semua node, dan kemudian klik tombol Convert to Curve pada property bar. Bentuk penampilan tidak berubah. Tapi tunggu dulu, sekarang pilih node atas dan bawah, lalu klik tombol simpul simetrispada property bar. Sekarang bentuknya menyerupai mata, yang merupakan awal yang baik untuk daun kami.
Selanjutnya, tekan M untuk memilih alat Isi Mesh, pilih node pusat dalam bentuk dan klik carikan hijau pada palet warna.Double-klik pada garis vertikal, dan menambahkan node baru. Kemudian pilih node baru dan menambahkan warna lain. Sebagai contoh, cobalah warna yang berbeda dari hijau. Ulangi proses ini untuk sisa bentuk dan harus segera mulai menyerupai daun.
Anda dapat membuat gambar yang sangat realistis dengan hanya beberapa langkah. Dan, jika Anda ingin, Anda dapat menambahkan node dekat perbatasan bentuk, dan kemudian menambahkan transparansi pada tepi. Ini akan memberikan tepi gambar 'lunak'.

Menciptakan latar belakang

Sekarang, mari kita coba membuat latar belakang abstrak. Seperti biasa, mulailah dengan bentuk yang sederhana, seperti elips.Pilih warna Anda dan isi dengan Isi Uniform. Kemudian, pilih alat Isi Mesh dan hanya menambahkan transparansi pada node.Coba 100% pada sekitar setengah dari node, dan 50% untuk sisanya. Anda dapat mengubah nilai-nilai untuk menciptakan hasil dan kombinasi yang berbeda.
Selanjutnya, memutar elips, membuat duplikat (cukup tekan tombol + pada keypad numerik) dan berputar pada sudut yang berbeda. Setelah selesai, menambahkan latar belakang (double klik dengan Rectangle tool), pilih warna lain. Jika Anda ingin, menempatkan elips dalam persegi panjang, sebagai PowerClip (klik Effects> PowerClip> Place Inside Bingkai). Ada kombinasi yang tak terbatas hasil, ini hanya salah satu contoh.
Berikut ini latar belakang sampel, atau wallpaper, yang saya buat dengan menggunakan alat Isi Mesh.
Dan berikut adalah beberapa contoh latar belakang abstrak, juga dibuat dengan alat Isi Mesh.

Contoh jala mengisi lanskap

Saya telah menyertakan sampel ini untuk memperkuat bahwa Anda tidak perlu menggunakan objek yang kompleks untuk membuat gambar yang bagus. Saya mulai dengan persegi panjang, menambahkan elips, dan kemudian bentuk yang tidak teratur digambar tangan untuk menciptakan lanskap dengan gunung, matahari, dan beberapa awan. Kemudian saya menggunakan alat Isi Mesh untuk menambahkan beberapa warna, sehingga pemandangan yang realistis dan indah. Untuk menciptakan lembut, bercahaya perbatasan mengelilingi matahari, saya menggunakan Drop Shadow sederhana.

Sebuah gambar sampel yang kompleks

Tentu saja, ada kalanya Anda perlu membuat gambar yang lebih kompleks, seperti wajah. Sementara itu tidak semudah daun atau bunga, proses ini serupa. Kuncinya adalah untuk melakukannya langkah demi langkah dan tidak mencoba untuk melakukan semuanya sekaligus. Ini sampel ilustrasi berikutnya akan menunjukkan beberapa langkah yang saya gunakan dalam penciptaan Yoda, Star Wars Jedi Guru.
Jika Anda melihat hanya hasil akhir, proses mungkin tampak sulit dan menakutkan, namun, dengan membuat objek terpisah untuk setiap langkah, proses ini sangat mudah dan menyenangkan. Dengan setiap langkah, saya telah menambahkan node dan membentuk wajah, menambahkan warna yang lebih ringan dan meningkatkan warna untuk menciptakan daerah gelap.

Mesh isi dengan bentuk kompleks

Jadi, bagaimana dengan menggunakan jala untuk mengisi gambar yang sangat kompleks, seperti wajah manusia? Dengan Yoda, saya menggunakan bentuk dasar dan menambahkan beberapa elemen, seperti mata, telinga, dan rambut, perlahan-lahan melalui serangkaian langkah-langkah. Metode yang sama berguna untuk setiap gambar kompleks lainnya, yang dapat menjadi teka-teki bentuk kecil. Transparansi baru dengan jala mengisi membantu untuk berbaur bentuk apapun dengan yang lain, dan pipet membuatnya mudah untuk menyalin warna yang tepat untuk objek lain.

Mesh efek mengisi dan lainnya

Anda dapat menggunakan jala mengisi bersama-sama dengan efek CorelDRAW lain, seperti Drop Shadow, Lens, Transparansi, dan banyak lagi. Efek tertentu tidak melakukan semua yang Anda untuk membangun efek lain di atas mereka, sehingga solusi adalah untuk menciptakan duplikat. Misalnya, Anda dapat menerapkan jala mengisi ke salah satu objek, dan tempat mesh diisi objek sebagai PowerClip dalam duplikat objek. Tapi berhati-hati untuk tidak menggunakan terlalu banyak efek pada waktu yang sama. Ingat, lebih sederhana obyek, semakin baik hasil yang akan dicapai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar