Tapi dalam motor induksi kita memberikan hanya satu pasokan, sehingga benar-benar menarik untuk mengetahui bahwa cara kerjanya.
Hal ini sangat sederhana, dari nama itu sendiri kita dapat memahami bahwa ada proses induksi terjadi. Sebenarnya ketika kita memberikan pasokan ke stator yang berkelok-kelok, fluks akan menghasilkan dalam kumparan karena aliran arus dalam kumparan.
Sekarang rotor berliku diatur sedemikian rupa sehingga menjadi hubung singkat di rotor itu sendiri. Fluks dari stator akan memotong kumparan di rotor dan karena kumparan rotor yang hubung singkat, menurut hukum Faraday induksi elektromagnetik, saat akan mulai mengalir dalam kumparan rotor.
Ketika saat ini akan mengalir, fluks lain akan mendapatkan dihasilkan pada rotor.
Sekarang akan ada dua fluks, satu adalah fluks stator dan yang lain adalah fluks rotor dan fluks rotor akan tertinggal dengan fluks stator. Karena ini, rotor akan merasakan torsi yang akan membuat rotor berputar ke arah berputar fluks magnetik. Jadi kecepatan rotor akan tergantung pada pasokan ac dan kecepatan dapat dikontrol dengan memvariasikan pasokan input. Ini adalah prinsip kerja motor induksi dari kedua jenis.
FASE TUNGGAL MOTOR INDUKSI
- Fase perpecahan motor induksi
- Kapasitor bermotor mulai induksi
- Kapasitor start kapasitor motor dijalankan induksi
- Berbayang motor induksi kutub
TIGA FASE MOTOR INDUKSI
- Tupai motor induksi sangkar
- Slip motor induksi cincin
Kami telah disebutkan di atas bahwa fase tunggal motor induksi bukan diri awal dan tiga fase motor induksi diri awal. Jadi apa yang diri awal? Ketika mesin mulai berjalan secara otomatis tanpa kekuatan eksternal ke mesin, maka disebut sebagai diri awal. Sebagai contoh kita melihat bahwa ketika kita menekan tombol kipas mulai berputar secara otomatis, sehingga sangat diri awal. Titik menjadi dicatat bahwa fan digunakan dalam peralatan rumah tunggal motor induksi fase tetapi diri awal. Bagaimana? Kami akan membahasnya bagaimana.
Dalam tiga sistem fase, ada tiga garis fase tunggal dengan 120 ° perbedaan fasa. Jadi berputar medan magnet adalah memiliki perbedaan fase yang sama yang akan membuat rotor bergerak. Jika kita mempertimbangkan tiga fase a, b dan c, ketika fase sebuah magnet, rotor akan bergerak menuju fase berkelok-kelok, di saat berikutnya fase b akan mendapatkan magnet dan akan menarik rotor dan dari fase c. Jadi rotor akan terus berputar.
Tapi bagaimana fase tunggal. Ini akan memiliki hanya satu fase masih membuat rotor untuk memutar, sehingga cukup menarik. Sebelum itu kita perlu tahu mengapa tunggal motor induksi fase bukanlah diri memulai motor dan bagaimana masalah diatasi. Kita tahu bahwa pasokan ac adalah gelombang sinusoidal dan menghasilkan berdenyut medan magnet pada stator terdistribusi secara merata berliku. Sejak berdenyut medan magnet dapat diasumsikan sebagai dua malah berputar medan magnet s, tidak akan ada torsi yang dihasilkan diproduksi di awal dan karena ini motor tidak berjalan. Setelah memberikan pasokan, jika rotor dibuat untuk memutar arah baik oleh kekuatan eksternal, maka motor akan mulai menjalankan. Masalah ini telah diselesaikan dengan membuat belitan stator menjadi dua berliku, satu utama berliku dan yang lain adalah tambahan berliku dan kapasitor adalah tetap secara seri dengan tambahan berliku. Ini akan membuat perbedaan fase ketika arus akan mengalir melalui kedua kumparan. Ketika akan ada perbedaan fasa, rotor akan menghasilkan torsi mulai dan akan mulai memutar. Praktis kita dapat melihat bahwa kipas tidak berputar ketika kapasitor terputus dari motor tetapi jika kita memutar dengan tangan itu akan mulai berputar. Jadi ini adalah alasan menggunakan kapasitor di fase tunggal motor induksi. Ada beberapa keuntungan dari motor induksi yang membuat motor ini memiliki aplikasi yang lebih luas. Hal ini memiliki efisiensi yang baik hingga 97%. Tapi kecepatan motor bervariasi dengan beban yang diberikan ke motor yang merupakan kelemahan dari motor ini. Arah putaran dari motor induksi dapat dengan mudah diubah dengan mengubah urutan tiga pasokan fase, yaitu jika RYB di depan arah, RBY akan membuat motor berputar pada arah sebaliknya. Hal ini dalam kasus tiga bermotor fase tetapi di fase motor tunggal, arah dapat dibalik dengan membalik kapasitor terminal di berliku